konsumsi dan manfaat air rebusan ketumbar yang harus anda ketahui untuk kesehatan tubuh


2019-02-25

ADVERTISEMENT

manfaat air rebusan ketumbar - ketumbar adalah rempah-rempah yang digunakan sebagai tambahan bahan masakan yang bertujuan untuk mengeluarkan aroma masakan yang lebih tajam , selain untuk bahan tersebut air rebusan ketumbar berguna juga untuk kesehatan tubuh kita semua.mengapa demikian? karena biji ketumbar mengandung beberapa zat yang baik untuk kesehatan tubuh kita seperti,simak berikut : 

kandungan biji ketumbar

Asam lemak Citrolenol Energi Fosfor
Karbohidrat Kalsium Lemak Langan
Minyak essesial Magnesium Niacin Protein
Potassium Riboflavin Tembaga Thiamine
Vitamin A Vitamin B1 Vitamin C Zat Besi

banyak sekali bukan kandungan dari biji ketumbar tersebut , heh ? dilihat dari kandungan yang begitu banyak maka kita bisa memprediksi bahwa manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh juga banyak sekali , betul bukan?

its oke lanjut, cekidot!!!

setelah mengetahui begitu banyaknya kandungan yang terdapat didalamnya , konsumsi ketumbar untuk kesehatan tubuh perlu kalian jaga, jangan sampai kandungan tersebut malah membombardir tubuh kita . konsumsi ketumbar yang bagus itu berapa ? silahkan anda bisa menanyakan lebih lanjut ke dokter saja  , kalo menurut saya simple , secukupnya saja untuk komsumsi ketumbar , jangan terlalu banyak dan terlalu sedikit.

untuk membincangkan masalah konsumsi tersebut saya cukupkan ya , kali ini saya akan memberikan sebuah manfaat air rebusan ketumbar dan siapa yang tidak boleh/mengurangi biji ketumbar , silahkan simak berikut ini.

manfaat air rebusan ketumbar untuk kesehatan tubuh

ada banyak sekali manfaat biji ketumbar tersebut , bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit,berikut manfaat air rebusan ketumbar :
  1. mengobati diabetes
    mengapa demikian ? kerena kandungan yang terdapat di biji ketumbar terkenal bisa digunakan sebagai menjaga kadar glukosa darah.efek yang merangsang endrokin berfungsi meningkatkan tingkat insulin dalam darah dengan meningkatkan sekresi insulin di pankreas.hal tersebut membantu menurunkan tingkat kadar gula darah.
  2. mengobati osteoporosis
    Biji ketumbar punya antioksidan seperti vitamin A, riboflavin, niacin, asam folat, vitamin C, vitamin K, kalsium dan karoten.Zat-zat ini sangat bermanfaat dalam mencegah osteoporosis dan kesehatan persendian.Cukup seduh 3 gram biji ketumbar dalam 150 ml air, konsumsi setiap hari untuk merasakan hasil yang luar biasa.
  3. Mengobati arthritis dan rematik
    Biji ketumbar punya senyawa seperti asam linoleat dan cineole yang terkenal karena sifat antiarititik dan antirematiknya.Rendam biji ketumbar dalam air, dan dapat mengobati radang sendi dan pembengkakan yang disebabkan oleh rematik dan radang sendi.
  4. Mengurangi rasa sakit perut saat menstruasi
    Sakit perut yang disebabkan menstruasi dapat diobati dengan biji ketumbar.Konsumsi air biji ketumbar yang dicampur dengan gula dapat membantu meringankan kram perut dan nyeri yang dialami selama menstruasi.
  5. Minimalkan kadar kolestrol jahat
    Biji ketumbar dapat membantu penurunan kolesterol jahat tanpa memengaruhi kadar kolesterol baik, sehingga mencegah penyakit jantung.Kandungan nutrisi dalam biji ketumbar seperti asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, asam askorbat (vitamin C) dan asam stearat sangat efektif mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.
stop!!!itulah beberapa manfaat air rebusan ketumbar, yang terakhir adalah Apakah ada yang tidak boleh mengkonsumsi air rebusan ketumbar? menurut kalian bagaimana ? ada atau tidak.untuk lebih taunya silahkan kalian bisa simak bagian berikut:

Hindari konsumsi ketumbar untuk Penderita Penyakit

Ketumbar sangat AMAN dalam jumlah makanan dan MUNGKIN AMAN bagi kebanyakan orang ketika diminum dalam jumlah obat yang sesuai.

Ketumbar dapat menyebabkan beberapa efek samping, termasuk reaksi alergi dan peningkatan sensitivitas terhadap matahari. Peningkatan kepekaan terhadap sinar matahari mungkin menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar untuk terbakar sinar matahari dan kanker kulit. Hindari sinar matahari. Kenakan tabir surya dan pakaian pelindung di luar, terutama jika Anda berkulit terang.

Ada satu laporan tentang diare parah, sakit perut, kulit gelap, depresi, selang menstruasi, dan dehidrasi pada wanita yang mengonsumsi 200 mL ekstrak ketumbar 10% selama 7 hari.

Ketika ketumbar bersentuhan dengan kulit, ketumbar dapat menyebabkan iritasi dan peradangan kulit.

Peringatan & Peringatan Khusus:
  • Kehamilan dan menyusui: Tidak ada informasi yang cukup dapat diandalkan tentang keamanan mengonsumsi ketumbar jika Anda sedang hamil atau menyusui. Tetap aman dan hindari penggunaan.
  • Alergi. Orang yang alergi terhadap mugwort, adas manis, jintan, adas, adas, atau tanaman serupa mungkin memiliki reaksi alergi terhadap ketumbar.
  • Diabetes. Ketumbar mungkin menurunkan kadar gula darah. Jika Anda menderita diabetes dan mengonsumsi ketumbar, pantau kadar gula darah Anda dengan cermat.
  • Tekanan darah rendah: Ketumbar mungkin menurunkan tekanan darah. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah menjadi rendah pada orang dengan tekanan darah rendah. Gunakan dengan hati-hati jika Anda memiliki tekanan darah rendah atau minum obat untuk menurunkan tekanan darah Anda.


Pembedahan: Ketumbar dapat menurunkan gula darah. Ada beberapa kekhawatiran yang mungkin mengganggu kontrol gula darah selama operasi. Berhenti menggunakan ketumbar setidaknya 2 minggu sebelum operasi dijadwalkan.

sekian , semoga bisa bermanfaat untuk anda semua . terima kasih sudah berkunjung di blog hidup sehat

Disqus Comments